PENAMBAHAN TEPUNG BUNGA MARIGOLD (Agetes erecta) PADA PAKAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN KECERAHAN WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio)

Authors

  • Lucien Pahala Sitanggang Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.300491/tapian%20nauli.v2i2.58

Keywords:

Benih Ikan Koi, tepung bunga marigold, kecerahan warna, perbedaan dosis

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 3 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Pengaruh perubahan warna yang di beri tepung bunga marigold dengan dosis yang berbeda. Perlakuan dalam penelitian ini meliputi perlakuan dengan dosis tepung bunga marigold 7% ( p1.1, p1.2, p1.3 ), Perlakuan dengan dosis tepung bunga marigold 14% ( p2.1, p2.2, p2.3 ) dan perlakuan dengan dosis tepung bunga marigold 21% ( p3.1, p3.2, p3.3 ).  Dan memiliki nilai rata-rata kecerahan warna benih ikan koi pada perlakuan pertama atau tanpa tambahan tepung bunga  marigold  memiliki nilai rata-rata 22, perlakuan kedua dan ketiga memiliki nilai rata-rata berturut-turut 27 dan 25. Dari hasil penulisan skripsi ini ternyata memiliki pengaruh penambahan tepung bunga marigold terhadap pengaruh kecerahan warna ikan koi. Persentase perubahan warna yang terbaik adalah terdapat pada perlakuan II dengan dosis tepung bunga marigold 14% dengan nilai rata-rata 27 sedangkan kelulusan hidup benih ikan koi yang di rawat selama 60 hari yang terbaik adalah perlakuan ke III dengan nilai rata-rata 25.

References

Andarwulan dan Faradilla. 2012. Pewarna alami untuk pangan. South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center. Institut Pertanian Bogor.
Amin, Rosidah dan Lili. 2012. Peninkat Kecerahan Warna Udang Red Cherry (Neocaridina heteropoda) Jantan Melalui pemberian Astaxanthin dan Chataxanthin dalampakan.
Aslianti dan Nasukha. 2012. Peningkat kualitas warna benih ikan kakap merah lutjamus sebae melalui pakan yang di perkaya dengan minyak buah merah pandanus conoideus sebagai sumber betakaroten. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 4 (2):171-18.
Dahruddin, H. 2011. Ikan mas koi: maskotnya ekspor ikan hias asli indonesia. Jurnal Fauna Indonesia, 10 (1) 17-21.
Huda, C. 2013. Pengaruh Penambahan Ekstrak Ubi Jalar Merah Dalam Pkan Buatan Terhadap Peningkat Kecerahan Warna Benih Ikan Koi Kohaku (Cyprinus carpio L.) [Skripsi]. Jatinagor : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,Universitas Padjajaran.
Indrarti, Muhaemin, dan Hudaidah. 2012. Modified Toca Colur Finder (M-TCP) dan Kromatofor sebagai Penduga Tingkat Kecerahan Warna ikan Komet (Caracius auratus auratus) yang diberi pakan dengan porsi tepung kepala udang (TKU) yang berbeda. e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, I (1) : 2302-3600.
Kurniawati, Iskandar, Ujang, S. 2012. Pengaruh Penambahan Tepung Spirulina Platensis Pada Pakan Terhadap Peningkatan Warna Ikan Lobster Air Tawar Huna Merah (Cherax quadricarinatus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. Universitas Padjajaran. Jatinagor. Vol 3. 157-161.
Panjaitan, E.F. 2004. Pengaruh Suhu Air yang berbeda terhadap Laju Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Mas Koi (Cyprianus carpio). Skripsi Institut Pertanian Bogor.
Panjaitan, Prasetyo dan Limantara. 2008. Peranan Karotenoid Alami dalam Menangkal Radikal Bebas di Dalam Tubuh. Jurnal Penelitian Universitas Sumatra Utara.
Ramadan, R. 2014. Pengaruh penambahan tepung bunga marigold dalam pakan buatan terhadap kualitas warna benih ikan koi (Cyprinus carpio L). [Skripsi]. Jatinagor : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjajaran.
Sudarto dan Pouyaud. 2006. Perbedaan Morfologis Populasi Botia Asal Sumatera dan Kalimantan. Jurnal Iktiologi Indonesia, 6 (2) : 121-124.
Sukarman dan Chumaidi. 2010. Bunga Marigold (Tagetes sp) sebagai sumber Karetonoid pada ikan Hias. Jurnal Balai Riset Budidaya Ikan Hias, 803-807.
Yolanda 2012. Pengaruh Pemberian Tepung Daun dan Bunga Marigold (Tagetes erecta) dalam Pakan terhadap Kualitas dan Kandungan Vitamin A. Skripsi. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Perternakan, Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2020-12-22