Pengaruh Kejutan Suhu Yang Berbeda Terhadap Keberhasilan Daya Tetas Telur Dan Kelulusan Hidup Pada Ikan Lele (Clarias Gariepinus)

Authors

  • Sakti Yonni Hamonangan Purba STP Sibolga
  • Susi Santikawati
  • Siti Purnama Manullang

Keywords:

Ikan Lele, Kejutan suhu, Daya Tetas, Kelulusan Hidup

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus ) merupakan salah satu  jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi diindonesia dan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya ikan Lele adalah tingginya presentase daya tetas (hatching rate) sehingga ketersediaan benih ikan dapat terjaga. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kejutan suhu yang berbeda terhadap daya tetas pada ikan lele dumbo dan mengetahui pengaruh kejutan suhu yang berbeda terhadap kelulusan hidup pada ikan lele dumbo, Untuk mengetahui suhu yang terbaik pada kejutan suhu terhadap daya tetas telur dan kelulusan hidup pada ikan lele dumbo. Peneliti ingin melakukan penelitian dengan metode eksperimental pada kejutan suhu terhadap daya tetas dan kelulusan hidup dan dapat mengetahui suhu yang baik pada kejuatan suhu. Dalam penelitian ini dikaji beberapa parameter yaitu daya tetas dan kelangsungan hidup. Pada melakukan penelitian untuk daya tetas (Hatching Rate) tidak terdapatnya pengaruh Fhitung 2,28 < Ftabel 4,07. Sedangkan Terdapat pengaruh terhadap kelulusan hidup pada ikan lele dumbo Fhitung 10,40 < Ftabel 4,07 dan kelulusan hidup tertinggi adalah perlakuan (P3) dengan kejutan suhu 4 , tidak berbeda nyata terhadap perlakuan (P2) dengan kejutan suhu 3 dengan hasil kelulusan hidup dan berbeda nyata terhadap perlakuan (P1) dan perlakuan (P0). Perlakuan kejutan suhu yang terbaik terhadap daya tetas telur pada  perlakuan (P3) kejutan suhu 40 yaitu 99% dan yang terendah terdapat pada pelakuan P1 dengan kejutan suhu 30   yaitu 92.33%. Pada kelulusan hidup yaitu perlakuan (P3) dengan kejutan suhu 40  disusul dan terendah perlakuan kontrol.

References

Ardyanti. R. 2017. Manajemen Pembenihan Lele Mutiara (Clarias sp.) Dengan Aplikasi Probiotik Di Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (UPT PTPB) Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Journal Of Aquaculture And Fish Health Vol. 7 No. 2.

Elpawati, Dianna RP, Nani R. 2015. Aplikasi effective microorganism 10 (EM10) untuk pertumbuhan ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus var. Sangkuriang) di kolam budidaya lele jombang, tangerang.

Hasan, U. 2017. Daya Tetas Telur Dan Sintasan Larva Dari Hasil Penambahan Madu Pada Bahan Pengencer Sperma Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp). Jurnal Warta Edisi : 54. Universitas Dharmawangsa.ISSN : 1829 – 7463.

Muhajir (2017) Pengaruh Perbedaan Suhu Air Terhadap Daya Tetas Telur Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) Di Unit Pembenihan Rakyat Desa Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro Propinsi Jawa Timur. Project Report. Fakultas Pertanian Jurusan Perikanan Program Studi Budidaya Perairan.

Pratiwi, R.D. 2014. Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Budidaya Lele Jombang. Tangerang. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. 50 hal.

Refliyanto Djalilu,Yuniarti Koniyo (2018). Pengaruh Perbedaan Waktu Awal Mulai Kejutan Suhu Panas (Heat shock) Terhadap Daya Tetas Telur Dan Kelulusan Hidupan (Survival Rate) Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio) Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan.Volume 6 Nomor 2,Juni 2018.

Sitio, M. H., Jubaedah, D., & Syaifudin, M. (2017).Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele (Clarias sp.) Pada Salinitas Media yang Berbeda. Jurnal Akuakutur Rawa Indonesia, 5 (1) : 83-96

Soviawati E 2014. Pengaruh Kejutan Suhu Panas (Heat Shock) Terhadap Derajat Penetasan Telur(Hatching Rate) dan Kelulusan Hidupan (Survival Rate) Larva Ikan Mas (Cyprinus Carpio) Pada Proses Androgenesis Mitosis, Skripsi, Universitas Jember, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Downloads

Published

2024-01-31