PENGARUH PEMBERIAN PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BADUT ( Amphiprion percula ) PADA MEDIA RESIRKULASI DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA

Authors

  • Juni Susanti Banurea Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga
  • Ladestam Sitinjak Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga
  • Jonathan Aldo Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.300491/tapian%20nauli.v3i1.76

Keywords:

ikan badut, pakan alternatif, resikulasi, kelangsungan hidup ikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sekolah tinggi perikanan sibolga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pakan yang baik untuk usaha pada budidaya ikan badut. Penelitian ini   menggunakan metode eksperimental dengan dua taraf perlakuan. Pemberian pakan pada ikan badut menggunakan (P1)daging udang dan (P2) menggunakan pakan campuran ( daging udang & selada ). Perlakuan P2 memberikan hasil terbaik pada peningkatan bobot mutlak yaitu 3,13 gram/ekor serta tingkat kelangsungan hidup mencapai 100 %.

References

Agustin, Y. 2001. Pengaruh Salinitas dan Kesadahan terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Hias Sumatra (Barbus tertrazona Bleeker). Institut Pertanian Bogor. Bogor

[BBPBL] Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut. 2009. Budidaya Clownfish (Amphiprion). Lampung : Balai Besar PengembanganBudidayaLaut.

Effendie, M. I. 1979. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Dwi Sri. Bogor. 112 hal
Lesmana, D. S. 2004. Kualitas Air Untuk Ikan Hias Air Tawar. Penebar Swadaya. Jakarta. 88 Halaman
Mulyadi,2014. System Resirkulasi Dengan Menggunakan Filter Yang Berbeda Terhadap Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Madinawati. 2011. Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Lele Dumbo (Claries gariepinus). Media Litbang Sulteng IV(2) : 83–87.
Siahaan, franklin.,2015. Pengaruh Penggunaan Biorganik Dengan Jumlah Filament Yang Berbeda Dalam Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Hias Air Laut

Subandiyah, S. 2011. Pengaruh Subsitusi Pakan Alami (Tubifex) dan Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan Ikan Tilan Lurik Merah. Instalasi Perikanan Air Tawar. Depok.

Downloads

Published

2021-10-28